Topik 6: Strategi penilaian di PAUD yang efektif dan mudah dilaksanakan.

David Triatna, salah satu mahasiswa magister PIAUD, selalu meyakini bahwa setiap anak mempunyai potensi yang berbeda-beda. David selalu percaya bahwa masa kanak-kanak tidak hanya dinilai dari kemampuan belajarnya, tetapi juga penemuan bakat dan minat anak. David dengan antusias mulai memikirkan strategi penilaian dipaud yang unik dan menarik

Pertama, David ingin mengintegrasikan konsep pembelajaran berbasis permainan ke dalam kurikulum. Misalnya, setiap minggu anak-anak diberikan proyek kreatif yang mencakup berbagai aspek pembelajaran, seperti matematika, bahasa, dan seni. Misalnya, anak dapat membuat “rumah karton” untuk belajar tentang bentuk dan ruang. David memperhatikan anak-anak menyelesaikan proyek mereka, memperhatikan keterampilan motorik dan pemahaman konsep mereka.

Kedua, David ingin secara aktif mengamati anak-anak saat mereka bermain. Dia membawa buku catatan kecil yang mencatat interaksi sosial, keterampilan ekspresif, dan kemandiriannya. David menyadari bahwa observasi tersebut memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai perkembangan anak dibandingkan hanya mengandalkan tes tertulis.

Selain itu, David ingin membuat “buku petualangan” untuk setiap anak. Buku ini berisi catatan kemajuan, gambar, dan proyek yang mereka selesaikan. Anak-anak dengan bangga mempersembahkan bukunya kepada orang tua pada pertemuan rutin, yang tidak hanya memberikan informasi kepada orang tua tetapi juga membantu membangun kepercayaan diri anak.

David juga ingin menggunakan teknologi dengan bijak. Ia ingin membuat platform online khusus bagi orang tua di mana mereka dapat melihat foto aktivitas anak-anak mereka, mengakses saran pembelajaran, dan memberikan masukan. Dengan cara ini, orang tua pasti akan merasa lebih terlibat dalam proses belajar anaknya.

Dengan harapan hasil evaluasi lebih positif. Anak-anak tidak hanya mengembangkan pengetahuan akademis tetapi juga kreativitas, kepercayaan diri, dan kerja sama. David ingin mengembangkan strategi penilaian yang efektif dan mudah diterapkan sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak PAUD. Bagaimana sobat dunia bocil kamu setuju gak dengan ide David?

 

Komentar

  1. jadi membuat buku petualangan ya strategi mas david

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba menurut observasi saya di tk2 belum ada untuk buku petualangan

      Hapus
  2. strategi penilaiannya saya sangat setuju dengan idenya

    BalasHapus
  3. anak dapat membuat “rumah karton” untuk belajar tentang bentuk dan ruang itu pengembangannya seperti apa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik 10: Kesan dan pengalamanku menjadi penulis Blog

Topik 4: Cerita tentang pengalaman pertamaku mengajar

Topik 9: Pendapat saya tentang fenomena tuntutan orang tua tentang anak harus menguasai Calistung di PAUD